Polisi Bubarkan Demo HMI ke Istana, Sang Ketum Dinyatakan Hilang

Demo HMI kubu Amiruddin Muis di Sekretariat PB HMI, Jakarta, Jumat 6 Agustus 2021 yang akan bergerak ke Istana, urung, setelah dibubarkan polisi. (Dok HMI)

SALAM-ONLINE.COM: Demonstrasi yang rencananya digelar di Istana oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pimpinan Pejabat (Pj) Ketua Umum Abdul Muis Amiruddin urung dilaksanakan pada Jumat (6/8/2021). Pada pukul 16.20-16.30 WIB polisi datang membubarkan massa.

Ketua Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Pemuda PB HMI kubu Muis, Rich Ilman Bimantika menyatakan polisi sudah ada di lokasi sejak pagi. Ilman menyatakan tiga orang anggotanya sempat dibawa polisi. Kini, tiga orang itu sudah diantar pulang oleh polisi. Namun sang Pejabat Ketum Abdul Muis Amiruddin hilang tanpa kabar.

“Tiga orang sudah dipulangkan, diantar pulang juga ke tempat asal keberangkatannya,” kata Ilman kepada wartawan, Jumat (6/8/2021).

Tiga orang itu, kata Ilman, sempat dibawa polisi ke Markas Polres Jakarta Selatan. Mereka ditangkap usai ikut demonstrasi di Sekretariat PB HMI, Jl Sultan Agung, Setiabudi, Jakarta Selatan, pada Jumat (6/8) pukul 16.00 WIB.

“Tiga orang ini sebelumnya diangkut saat demo di PB HMI,” ujar Ilman.

Sebelumnya, pihak kepolisian menyampaikan tiga orang diamankan dari aksi demonstrasi itu. Meski demikian, belum jelas betul siapa saja ketiga orang tersebut, apakah di antaranya termasuk Pj Ketua Umum Abdul Muis Amiruddin atau bukan.

“Ada tiga orang (diamankan) untuk bahan pengambilan keterangan,” kata Kabagops Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Ruslan Idris, kepada wartawan, Jumat.

Muis Masih Hilang

Baca Juga

Tiga anggota HMI itu memang sudah dipulangkan oleh polisi. Namun Muis Amiruddin, yang merupakan pimpinan mereka, masih belum jelas keberadaannya sejak Jumat dini hari.

“Kalau Muis Amiruddin hilang kontak sejak semalam, saya terakhir berkomunikasi pukul 01.00 WIB dini hari,” terang Ilman.

Dia tidak mengetahui di mana Muis berada. Dia juga tidak berasumsi Muis dijemput polisi atau tidak. Nomor ponsel Muis tidak bisa dihubungi.

“Sampai hari ini kita belum dapat kabar keberadaan beliau,” tutur Ilman.

Untuk diketahui, demonstrasi yang rencananya menuju Istana itu dibubarkan polisi di Sekretariat HMI pada Jumat pukul 16.20-16.30 WIB. Pembubaran demonstrasi itu otomatis menyebabkan batalnya rencana demonstrasi HMI pimpinan Muis di dekat Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Demonstrasi di depan Sekretariat PB HMI dimulai pukul 16.00 WIB, Jumat sore. Rencananya, mereka akan melanjutkan demonstrasi dengan berkonvoi ke Istana. Menurut Ilman, jumlah demonstran di depan Sekretariat ada 72 orang.

“Menurut pengakuan penjaga Sekretariat kami (Jl Sultan Agung), polisi sudah berada di Sekretariat kami sejak pukul 08.00 WIB pagi. Kemudian, Sekretariat Cabang HMI Se-Jakarta di Cilosari pun dijaga dengan ketat,” kata Ilman. (detik)

Baca Juga