Setelah Diprotes, BPIP Ganti Tema Lomba ‘Hormat Bendera Menurut Islam’

Sekretaris Utama BPIP Karjono

SALAM-ONLINE.COM: Setelah diprotes dan didesak dibubarkan, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akhirnya mengganti dua tema lomba penulisan artikel ‘Hormat Bendera Menurut Islam’ dan “Menyanyikan Lagu Kebangsaan Menurut Hukum Islam’.

Sekretaris Utama BPIP Karjono menyatakan tema baru yang bakal dilombakan adalah ‘Pandangan Agama dalam Menguatkan Wawasan Kebangsaan’ dan ‘Peran Masyarakat dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 Menuju Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh’.

“Tema lomba sebagaimana dimaksud merupakan perubahan dan/atau pengganti dari tema sebelumnya, yaitu ‘Hormat Bendera Menurut Islam’ dan “Menyanyikan Lagu Kebangsaan Menurut Hukum Islam’,” kata Karjono dalam keterangan resminya, Senin (16/8/2021).

Baca Juga

Karjono mengucapkan terima kasih dan memohon maaf kepada seluruh masyarakat jika kegiatan yang dilaksanakan kurang sesuai dengan yang diharapkan. Dia mengapresiasi dan senang terkait dengan berbagai masukan dan tanggapan masyarakat terkait lomba tersebut.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammadiyah dan berbagai ormas Islam lainnya, juga para pengamat politik, sosial dan pendidikan memrotes dua tema lomba tersebut. Bukan sekadar mengkritik keras, sejumlah ormas Islam, pengamat dan para tokoh nasional juga mendesak agar BPIP dibubarkan karena lembaga ini kerap membuat gaduh dan berpotensi memecah belah sehingga dinilai tidak ada manfaatnya bagi bangsa. (S)

Baca Juga
awefawef104042