KB-PII: Anti Islam, Tolak Mustafa Kemal Attaturk Jadi Nama Jalan

Mustafa Kemal Attaturk

SALAM-ONLINE.COM: Rencana menjadikan Mustafa Kemal Attaturk sebagai sebuah nama ruas jalan di Jakarta banyak yang menolak. Kali ini giliran para aktivis Islam yang tergabung dalam Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KB-PII) menolak keras rencana itu. Alasannya, pendiri Turki moderen itu adalah sosok yang dikenal anti Islam.

Ketua Umum PP KB-PII, Nasrullah Larada, mengatakan pihaknya menolak dengan tegas ide atau rencana mengabadikan Mustafa Kemal Attaturk dari Turki sebagai nama salah satu jalan di Jakarta.

“Sebagaimana kita ketahui, tokoh sekuler dari Turki ini dalam sejarahnya termasuk tokoh yang anti Islam,” kata Nasrullah Larada, di Jakarta, Selasa (19/10/2021).

Baca Juga

Nasrullah menyayangkan adanya rencana pemberian nama itu. Hal ini karena kesan sosok Kemal Attaturk tak begitu baik di mata kaum Muslimin Indonesia. Sosok dia sangat bertolak belakang dengan pemahaman masyarakat Indonesia yang Islami dan mengedepankan toleransi beragama serta menjunjung tinggi nilai nilai keberagamaan.

“Muslim Indonesia tahu apa yang dilakukan Kemal di Turki dan khususnya peran dia di dalam menghapuskan Kekhalifahan Ottoman. Jadi kami di KB PII merasa tak nyaman dan terganggu atas rencana itu,” ujar Nasrullah.

Terkait rencana pemberian nama Kemal Atturk sebagai nama sebuah ruas jalan di Jakarta, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, pun telah tahu dan akan mencari solusinya. Riza tak menampik, penamaan jalan tersebut memang menimbulkan banyak kontroversi.

Baca Juga
awefawef104765