Unggah Gambar Tol ‘Terkeren’ Hoaks, Akun Twitter Menteri Tjahjo Banjir Kritik

Unggahan MENPAN-RB Tjahjo Kumolo yang menyebut Jalan Tol “Terkeren” di Indonesia (Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang ternyata hoaks, karena foto ini adalah Jalan Raya Mersin Antalya Highways di Turki

SALAM-ONLINE.COM: Akun media sosial milik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokras (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo dibanjiri kritik oleh netizen. Itu lantaran menteri asal PDIP ini mengunggah sebuah gambar yang menyebut Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang ternyata hoaks.

Karena postingan hoaks yang dicuitkan pada Sabtu (9/10/2021) itu, Menteri Tjahjo pun minta maaf.

Dalam cuitannya, Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa tol tersebut merupakan jalan tol terkeren di Indonesia yang membelah gunung dan masuk gunung sehingga memungkinkan Bandung-Tegal ditempuh hanya dalam 2 jam dan Bandung-Semarang hanya 3,5 jam. Sebelumnya, kata Tjahjo, Bandung-Tegal tanpa tol perlu ditempuh 7 jam jika perjalanan lancar. Unggahan tersebut kini telah dihapus Tjahjo.

Politisi PDIP itu kemudian mengutarakan permintaan maaf karena telah mengunggah gambar yang salah.

“Mohon maaf postingan jalan Tol di Jabar ternyata salah, bukan di Jabar (saya dapat informasi salah) trims perhatiannya-Tjahjokumolo,” demikian cuitan Tjahjo pada Ahad (10/10/21) petang.

MENPAN-RB Tjahjo Kumolo

Unggahan Tjahjo itu pun menuai krititik dari para netizen, @Arriyd misalnya yang menyayangkan sikap Tjahjo karena menelan mentah informasi sehingga mencuitkan informasi bohong.

Akun bernama @Sayids juga melontarkan kritik bahwa seorang menteri seharusnya menjadi panutan dengan tidak menyebarkan informasi yang belum tahu asalnya.

Baca Juga

“Sudah cukup bangsa dan negara ini hidup dalam hoax, jangan ditambah pejabat negara yang dibayar oleh rakyat ikut sebarkan hoax,” demikian cuitan @Sayids.

Netizen lain juga melontarkan kritik, bernama @RatulangiSamy. Ia meminta Tjahjo untuk memerintahkan para BuzzeRp untuk segera meminta maaf.

“Beri tahu juga dong buzzerrp bapak suruh minta maaf sebagai adab orang salah jangan cuma bisa ngegas tidak injak rem,” tulis @RatulangiSamy.

Hingga berita ini dipublikasi, setidaknya ada 207 netizen yang mencuitkan kembali perminataan maaf Tjahjo. Selain itu ada 356 yang menyampaikan respons cuitan.

Berita AFP yang pernah menurunkan artikel cek fakta atas viralnya gambar itu menyebutkan bahwa itu adalah Jalan Raya D400 Mersin-Antalya di Turki.

Jalan Raya Mersin-Antalya di Turki itu juga bisa dilihat di video Youtube milik Mesut Aygar yang dipublikasikan pada 22 September 2017. Pada menit ke 6:42 kita akan menemukan gambar sesuai yang beredar di Facebook.

Keberadaan Jalan Mersin-Antalaya Turki itu bisa dilacak menggunakan Google Maps di tautan berikut ini: https://bit.ly/2HTLxTO.

Informasi tersebut menjawab hoaks seputar Tol Cisumdawu yang dicuitkan MENPAN-RB Tjahjo Kumolo. (rmol)

Baca Juga