DPR: Desa Wadas tak Masuk Proyek Strategis Nasional, Masyarakat Boleh Menolak

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmon J Mahesa

SALAM-ONLINE.COM: Desa Wadas disebut tidak termasuk ke dalam wilayah Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Bener.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmon J Mahesa saat mengunjungi Desa Wadas, Purworejo bersama rombongan Komisi III DPR RI, Kamis (10/2/2022).

“Desa Wadas bukan wilayah proyek strategis nasional Bendungan Bener,” kata Desmond yang dilansir RMOL, Jumat (11/2).

Desa Wadas sendiri menjadi lokasi penambangan quarry batuan andesit. Batu Andesit ini nantinya akan digunakan untuk pembangunan Bendungan Bener.

Namun berdasarkan temuan Komisi III DPR RI, Wadas tidak masuk ke dalam wilayah proyek strategis nasional. Dengan demikian, penolakan dari masyarakat terkait penambangan bisa dilakukan.

Baca Juga

“Secara hukum, kalau wilayah bendungan maka masyarakat bisa menerima. Di sisi yang luar bendungan, masyarakat untuk sementara ini bisa menolak karena tidak melanggar aturan apa-apa,” tegas politisi Gerindra ini.

Berkenaan dengan temuan tersebut, Komisi III DPR RI pun meminta gejolak yang terjadi di Desa Wadas bisa diselesaikan dengan baik. (RMOL)

“Harapannya ke depan pro-kontra ini bisa akur kembali, dengan pihak pelaksana yang mau mengambil batu bisa menyelesaikannya baik-baik,” tutup Desmond.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebelumnya menyatakan bahwa penambangan di Desa Wadas tidak melanggar aturan. (RMOL)

Baca Juga