BEM UI: Ada Kepentingan Oligarki di Balik Penundaan Pemilu

Ketua BEM UI Bayu Satria Utomo (jas almamater kuning/RMOL)

SALAM-ONLINE.COM: Wacana penundaan pemilihan umum (Pemilu) pada tahun 2024 dan isu perpanjangan masa jabatan presiden menuai banyak kecaman.

Salah satunya datang dari Ketua BEM UI, Bayu Satria Utomo, dan perwakilan Ketua BEM kampus lain yang berkumpul di Tugu 12 Mei Trisakti, Jakarta Barat, Senin (28/3/2022) petang.

Bayu menyebut wacana penundaan Pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden telah berada di bawah pengaruh oligarki.

“Kita melihat di sini ada kepentingan ekonomi politik, ada kepentingan oligarki yang telah menguasai pemerintah,” kata Bayu.

Baca Juga

Untuk itu, Bayu mengajak seluruh elemen mahasiswa dan komunitas masyarakat untuk membentuk politik alternatif. Cara ini dinilai mampu mencegah praktik politik oligarki.

“Ketika kita mengacu pada salah satu penelitian tentang oligarki, salah satu cara untuk lawan oligarki adalah buat politik alternatif,” terang Bayu.

“Maka dari itu kita mahasiswa di sini hadir untuk membuat politik alternative. Oleh karenanya kita mengajak elemen mahasiswa, tidak hanya BEM, tapi semua komunitas mahasiswa bergabung bersama menolak penundaan pemilu 2024 dan menolak perpanjangan masa jabatan presiden,” tegasnya.

Rencananya, aliansi mahasiwa juga akan turun ke jalan guna menyatakan sikap terhadap penundaan Pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden. (rmol)

Baca Juga