Ketika Gereja di Amerika Berubah Jadi Masjid & Pusat Komunitas Muslim

Sebuah gereja terbengkalai di Brooklynn, New York, AS, berubah menjadi Masjid dan Pusat Komunitas Muslim (Zainab Iqbal/MEE)

SALAM-ONLINE.COM: Di salah satu kawasan paling putih di New York City, berdiri sebuah gereja yang telah ditinggalkan selama hampir satu dekade. Rumah ibadah itu telah menjadi habitat hewan yang dengan rakun melompat keluar dari kasau. Burung terbang masuk dan keluar dari bangunan itu dan tikus tidur siang di bangku gereja tersebut.

Bangunan itu dulunya adalah Gereja Episkopal St John yang indah. Kini telah berubah menjadi merusak pemandangan. Selama delapan tahun tetap seperti itu. Sebelum dijual, gereja terus kehilangan anggotanya. Mengapa? Kawasan Bay Ridge di Brooklyn itu mengalami penyusutan komunitas Kristen. Sementara jumlah komunitas Arab dan Muslimnya makin menjamur.

Kini bangunan gereja itu telah berubah. Pada tahun 2020, sekelompok Muslim berkumpul. Mereka berhasil mengumpulkan $2,6 juta, lalu membeli bangunan gereja tersebut. Dewan komunitas lokal menyambut positif mereka dan memberi krlompok itu peringkat persetujuan 98 persen. Tiga tahun kemudian, sementara bagian luar gedung itu tetap sama, namun bagian dalamnya telah berubah.

Berjalanlah ke tempat yang dulunya adalah gereja dan belok kiri. Anda akan bertemu dengan deretan sajadah yang menghadap ke arah Makkah. Sebuah mimbar terletak di bagian depan ruangan, di mana seorang pemuda nampak sedang membacakan Al-Qur’an.

Belok kanan dan naiki tangga, Anda akan bertemu dengan buku-buku tentang Islam. Berjalanlah lagi dan Anda akan bertemu dengan kotak demi kotak makanan di pantry. Banyak kaum muda yang menjadi sukarelawan untuk program yang tak terhitung jumlahnya dan berlangsung di dalam gedung itu.

Middle East Eye (MEE), Rabu (12/4/2023) melansir, bangunan gereja itu kini telah menjadi semacam pusat komunitas dengan visi yang luas untuk generasi masa depan Muslim Brooklyn.

Bibi Esahack adalah direktur eksekutif Bay Ridge Community Development Center (BRCDC), sebuah organisasi nirlaba yang didirikan pada 2016. Saat puncak pandemi, BRCDC, di bawah kepemimpinan Islamic Society of Bay Ridge, mengumpulkan $2,6 juta untuk membeli Gereja. Tapi bagaimana mereka meyakinkan anggota masyarakat untuk memberikan uang sebanyak itu?

“Kami tidak perlu meyakinkan siapa pun. Orang-orang menelepon kami dan mengatakan mereka ingin menyumbang,” kata Esahack.

Esahack mengenang kisah sekelompok wanita lanjut usia yang membawa celengan mereka dan berkata bahwa mereka telah menabung selama 15 tahun terakhir dan ingin menyumbangkannya. Sementara yang lainnya, ada seorang pria memberikan cek senilai $15.000.

Kata Esahack, pria itu mengingatkan, “Anda mungkin tidak mengingat saya, tetapi ketika saya datang ke AS, saya tidak tahu apa yang harus dilakukan atau ke mana harus pergi. Saya tidak bisa berbahasa Inggris. Satu-satunya tempat yang saya tahu adalah Islamic Society of Bay Ridge. Saya masuk ke sana dan saya disambut dengan tangan terbuka. Saya diberi tempat untuk tidur. Mereka membantu saya mencari pekerjaan. Mereka memberi saya makanan. Dan sekarang bertahun-tahun kemudian, saya dapat menyumbangkan $15.000.”

Untuk komunitas yang selalu murah hati, kemurahan hati itu terbayar. Esahack percaya itu karena orang melihat perlunya menyelamatkan generasi Muslim berikutnya di Amerika.

“Mereka tidak ingin melihat anak-anak mereka di jalanan. Mereka tidak ingin melihat senjata di tangan mereka. Mereka tidak ingin melihat narkoba. Mereka ingin tahu bahwa ada ruang untuk dikunjungi anak-anak kita. Dan ada juga ruang untuk mereka,” katanya.

Tempat untuk Semua Orang

Aspek terpenting dari pusat komunitas ini adalah bahwa ini bukan hanya tempat bagi kaum muda, tetapi lebih merupakan fasilitas komunitas. Karena itulah mengapa Esahack membuat program antargenerasi untuk “pusat yang terus bergerak dan mengundang setiap orang”.

Pusat Komunitas ini juga bukan hanya Masjid untuk kumandang adzan. Panggilan adzan, keluar dari speaker lima kali sehari. Lebih dari itu, ini adalah pusat komunitas dengan Masjid di dalamnya.

Laporan Institute of Social Policy and Understanding (ISPU) tahun 2016 menunjukkan sekitar 768.767 Muslim tinggal di New York City, yang merupakan sekitar 8,96 persen dari total populasi kota sebesar 8.583.000. Sementara jumlah Muslim hanya satu persen dari total penduduk AS.

Esahack percaya bahwa dengan bertambahnya jumlah Muslim di New York City, ada kebutuhan yang meningkat akan ruang komunitas. “Kaum muda tidak lagi puas dengan menghadiri Young Men’s Christian Association (YMCA) atau Jewish Community Center (JCC),” katanya.

“Mereka menginginkan pusat mereka sendiri. Mereka ingin bisa menulis sejarah mereka sendiri. Mereka ingin bisa menjadi bagian dari narasi. Tidak hanya membonceng orang lain. Dan saya pikir sebagai anggota masyarakat, kita harus memenuhi kebutuhan itu,” ujarnya.

Baca Juga

“Saya 100 persen yakin mereka akan membawanya ke level yang bahkan tidak pernah saya impikan, tapi setidaknya itu akan memberi mereka landasan untuk sampai ke sana.”

Mohamed Zin adalah seorang sukarelawan di BRCDC. Dia menghabiskan waktunya dengan kaum muda dan mengambil bagian dalam dapur makanan mingguan. Baginya, ini adalah pusat komunitas yang sangat dibutuhkan.

“Pusat Komunitas ini menyediakan sesuatu untuk setiap anggota komunitas tanpa memandang usia dan kepercayaan mereka. Kami melayani umat Islam, siapa pun, semua orang diterima,” katanya kepada Middle East Eye (MEE).

“Kami selalu membutuhkan sesuatu seperti ini di komunitas kami. Dan dalam beberapa tahun, setelah selesai direnovasi, saat itulah lebih banyak orang akan melihatnya.”

Segera setelah properti dibeli, mereka memasang kembali ruang tersebut dan mulai memprogram aktivitas. Program pertama adalah pantry makanan. Itu dimulai di tengah pandemi. Hingga kini masih berlanjut dengan antrean di beberapa blok setiap minggu.

Esahack telah bekerja keras untuk merenovasi keseluruhan ruangan. Untuk melakukan itu, dia menyewa seorang arsitek non-Muslim yang pernah bekerja dengan gereja dan pusat komunitas sebelumnya.

“Sesuatu yang sangat penting bagi saya adalah mengatakan, ‘Bagaimana kita menjaga integritas bangunan yang begitu indah?’” katanya. “Ini adalah gereja bersejarah. Sudah ada di sini selama lebih dari 100 tahun. Dan saya tidak ingin menghancurkan sejarah itu.”

“Saya sering memikirkan Hagia Sophia di Turki. Ketika Muslim menaklukkan Istanbul, mereka tidak menghancurkan gereja. Jadi ketika kami membeli gereja ini, saya tahu mereka telah bekerja dengan baik selama satu abad lebih.”

Mengubah Gereja Menjadi Masjid

Meskipun tidak ada angka konkret yang menunjukkan berapa banyak gereja yang telah diubah menjadi Masjid. Ada banyak di New York dan Amerika Serikat secara keseluruhan. Masjid ‘Eesa Ibn Maryam adalah Masjid yang dulunya sebuah gereja di Queens, New York. Di Buffalo, sebuah gereja Katolik Roma diubah menjadi Masjid.

Kota-kota di AS dengan populasi menyusut telah menghadapi tantangan yang luar biasa dalam melestarikan warisan mereka, demikian menurut sebuah studi bernama “Konservasi Kebetulan: iman-to-iman konversi gereja bersejarah di Buffalo”, dalam Journal of Urbanism.

“Tempat ibadah seperti gereja, bagaimanapun, sulit untuk direhabilitasi, dan kota-kota kehilangan warisan kota ini setelah bertahun-tahun kosong dan terbengkalai, dan akhirnya dihancurkan,” kata studi tersebut.

“Di banyak kota yang menyusut, terutama yang sekarang menyambut imigran dan pengungsi baru, pelestarian gereja-gereja yang kosong secara kebetulan melalui konversi iman-ke-iman dapat menjadi aset bagi perencana lokal dan pelestari dalam perjuangan mereka untuk menyelamatkan warisan kota dari pembongkaran.”

Dalam beberapa kasus, jemaat atau badan keagamaan akan menjual gereja kepada pengembang yang kemudian mengubahnya menjadi apartemen, kantor, atau ruang pertunjukan. Namun untuk gereja di daerah yang kurang menarik bagi pengembang, kelompok lain, seperti umat Islam, akan membelinya dan mengubahnya menjadi Masjid dan Pusat Islam.

Bagian dalam Pusat Komunitas Muslim baru di Bay Ridge masih memiliki jendela kaca patri dan banyak sisa arsitektur gereja. Masih ada salib yang terukir di dinding dan salib yang tergantung dari penerangan. Ada salib raksasa di tiang di halaman depan, tapi akan segera diturunkan untuk memberi ruang bagi bulan sabit dan bintang.

Menurut Esahack, salah satu aspek terpenting dari pusat ini adalah tidak membeda-bedakan. Pada saat yang sama, ia juga tidak mengkompromikan prinsip-prinsip Islamnya. Dia mengatakan lebih sering daripada tidak, non-Muslim akan datang ke pusat dan memperhatikan bahwa ketika waktu shalat tiba, Muslim akan meninggalkan apa pun yang sedang mereka kerjakan untuk pergi dan melaksanakan shalat.

“Idenya adalah membangun model. Jika model ini berhasil, bisa digunakan di mana saja di negara ini. Jadi ketika saya memikirkan pusat komunitas, saya juga memikirkan anak-anak saya sendiri,” katanya.

“Saya tidak ingin anak-anak saya atau anak-anak Muslim mana pun mewarisi sistem yang rusak, Masjid yang rusak, atau pusat komunitas yang rusak. Mereka harus mewarisi ruang yang akan berkembang, dan mereka secara alami masuk dan mengambil alih setelah satu generasi berlalu.”

Baca Juga