PBB Sahkan Resolusi Perangi Islamofobia di Seluruh Dunia

SALAM-ONLINE.COM: Majelis Umum PBB meloloskan resolusi untuk melawan Islamofobia di seluruh dunia dengan dukungan luar biasa pada Jumat (15/3/2024).

Pemungutan suara dilakukan pada Hari Internasional untuk Memerangi Islamofobia, 15 Maret, yang menghasilkan sebuah Resolusi sebagai Langkah untuk Memerangi Islamofobia. Sebanyak 115 suara yang mendukung resolusi itu telah disahkan, 44 abstain, namun tidak ada yang menentang.

Pakistan memelopori resolusi tersebut, sehingga melahirkan front persatuan di antara negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) sebagai upaya memerangi Islamofobia di seluruh dunia.

Resolusi tersebut meminta ditunjuknya utusan khusus PBB untuk memerangi Islamofobia. Laporan ini lebih lanjut mendesak negara-negara anggota untuk mengambil tindakan tegas terhadap intoleransi beragama, khususnya yang menargetkan Islamofobia.

Baca Juga

Mereka juga meminta Sekjen PBB untuk menyampaikan laporan mengenai penerapan langkah-langkah dan upaya memerangi Islamofobia di Majelis Umum pada musim gugur ini.

Juli lalu, PBB menyetujui resolusi yang mengutuk pembakaran Al-Qur’an. PBB menyebut serangan terhadap kitab suci umat Islam sebagai “kebencian atas agama”. Pada bulan yang sama Majelis Umum PBB mengeluarkan resolusi yang menyesalkan semua tindakan kekerasan terhadap kitab suci sebagai pelanggaran hukum internasional.

Definisi serangan terhadap Al-Qur’an sebagai kebencian terhadap Islam dan pelanggaran hukum internasional menjadi dasar bagi langkah-langkah yang harus diambil di masa depan. (S)

Baca Juga