Road for Peace, dari Istanbul Menuju Bumi Para Nabi

Road for Peace-Tim Relawan Kemanusiaan Road4Peace dari berbagai negara sebelum berangkat konvoi ke perbatasan Suriah-jpeg.image
Tim relawan kemanusiaan Road4Peace dari berbagai negara sebelum berangkat konvoi ke perbatasan Suriah

ISTANBUL (SALAM-ONLINE): Puluhan LSM Kemanusiaan Asia Tenggara kembali menginisiasi konvoi kemanusiaan ‘Road for Peace (R4Peace) III Istanbul to Syria’ selama 10 hari (21-31 Desember 2013)’.

“R4Peace III merupakan komitmen kita bersama dari program sebelumnya bahwa kita akan bergerak menyuarakan perdamaian untuk Suriah, dimulai dari Istanbul. Kenapa dari Istanbul? Karena Istanbul di Turki  merupakan tempat terpenting di Asia dan Eropa. Kita akan sampaikan misi perdamaian ke dunia khususnya masyarakat Eropa dan Asia,” kata Mustopa Mansoor, Ketua R4Peace yang juga Sekjen NGO MaSSSa (Malaysia Civil Society Solidarity Associaton) di Istanbul, Senin (23/12/2013).

Konvoi R4Peace yang diadakan ketigakalinya (sebelumnya pada R4Peace I dan II diadakan konvoi ke Myanmar, Pattani (Thailand) dan Mesir) diikuti oleh puluhan peserta dari gabungan NGO Asia, Malaysia, Patani dan juga Turki ini bermula dari Istanbul, dan berakhir di bumi para Nabi, Syam-Suriah.

Baca Juga

“Kita berharap dengan konvoi dari Istanbul—Bursah—Kreyseik—hingga perbatasan Suriah akan membuka mata saudara-saudara kita  di Nusantara, Eropa dan Dunia. Selain kampanye perdamaian dan kemanusiaan untuk Suriah, kami juga membawa bantuan kemanusiaan sebanyak 10 kontainer makanan dan perlengkapan musim dingin, untuk mengurangi penderitaan saudara kita di Suriah yang dizalimi rezim Basyar Al Asad,” ungkap Mustopa Mansoor kepada wartawan Alhikmah yang mewakili Jurnalis Islam Bersatu (JITU) sekaligus sebagai relawan R4P yang turut dalam konvoi.

Tercatat beberapa NGO dari Indonesia yang membawa bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Suriah seperti Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI), Dompet Dhuafa Jawa Barat, Sinergi Foundation, Forum Indonesia Peduli Syam yang membawahi NGO-NGO di Indonesia.

“Alhamdulillah, target 10 kontainer (150.000 US$) insya Allah tercapai. Dan juga kami mendapat dukungan dari NGO di Turki, khususnya IHH (NGO terbesar di Turki),” pungkas Mustopa Mansur. (rizki lesus/alhikmah/salam-online)

Baca Juga