UBN: ‘Perkuat Ukhuwah Antar-Harakah untuk Suriah dan Palestina’

Ustadz Bachtiar Nasir-1-jpeg.image
Ustadz Bachtiar Nasir

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Perjuangan membela negeri Syam adalah program sampai kiamat datang. Untuk itu, prioritaskan gerakan pada hal-hal yang strategis. Demikian pesan yang disampaikan Ketua Umum Forum Indonesia Peduli Syam (FIPS), Ustadz Bachtiar Natsir (UBN), Selasa (10/6) dalam acara ‘Shilatul Ukhuwah untuk Suriah’ di Gedung Menara Dakwah DDII, Jl Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Temu antar aktivis lembaga kemanusiaan dan ormas Islam yang peduli negeri Syam (Suriah dan Palestina khususnya) digagas oleh FIPS. Acara ini juga diikuti oleh NGO Kemanusiaan dari Malaysia, MaSSSA dan Malaysia Life Line 4 Syria

Menurut UBN, untuk merealisasikan perjuangan membela negeri Syam, perlu semakin diperkuatnya ukhuwah antar-harakah (gerakan) pro-rakyat Suriah dan pembebasan Palestina, dengan mengutamakan prinsip ta’awun (sinergi) dan komunikasi husnuzhon dalam setiap gerakan.

Baca Juga

Selanjutnya, antar-harakah harus selalu melakukan tabayyun dalam menyikapi hal-hal yang terkait dengan kehormatan sesama aktivis harakah. “Dan berikutnya, hati-hati menyikapi jika terkait dengan pribadi dan kehormatan Ulama Sunnah,” lanjut UBN.

Masih menurut UBN, langkah berikutnya, antar-harakah saling mengetahui program kerja agar saling mendukung dan tidak tumpang tindih. Kemudian, kata UBN, “Pahami sikap Ulama Sunnah dalam menyikapi informasi akhir zaman (ahaditsul fitan).”

Terakhir, tak kalah pentingnya, perlunya komunikasi dengan dosis informasi yang menarik simpati umat. “Karena, mayoritas orang Indonesia ‘jihad-phobia’,” ujar UBN. (SO)

Baca Juga