Islamic Medical Service dan Jasa Marga Gelar Layanan Kesehatan Gratis di Tiga Terminal

20150428_100821JAKARTA (SALAM-ONLINE): Islamic Medical Service (IMS), sebuah lembaga layanan kesehatan nasional milik ormas Hidayatullah, bekerjasama dengan PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek menggelar layanan kesehatan gratis di tiga terminal, yakni terminal Bekasi, Pulogadung dan Kampung Rambutan.

Kegiatan ini adalah dalam rangka memperingati Hari Angkutan Nasional yang jatuh pada setiap 24 April.

Untuk layanan kesehatan gratis di terminal Bekasi berlangsung Selasa (28/4), terminal Pulogadung berlangsung Rabu (29/4), dan terminal Kampung Rambutan berlangsung Kamis (30/4).

GM Community Development Program Jasa Marga Enkky Sasono, mengatakan, program ini merupakan tanggung jawab sosial dari Jasa Marga.

“Kegiatan ini merupakan di antara tanggungjawab Jasa Marga pada bidang sosial,” kata Enkky dalam sambutannya di terminal Bekasi, Jawa Barat, Selasa (28/4) pagi.

20150428_111730Menurut Enkky, kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan kesadaran para pengemudi beserta kru akan pentingnya kesehatan dan keselamatan dalam berkendara.

“Kendaraan sehat, layak jalan. Semuanya berfungsi, rem, lampu, dan lain-lain. Selain itu orangnya juga harus sehat. Supirnya, keneknya sehat,” ujar Enkky

Fatikhun, mewakili Dinas Perhubungan Kota Bekasi menyambut baik kegiatan ini.

Baca Juga

“Kegiatan ini sangat bernilai bagi kami. Kegiatan ini jangan hanya sekali saja. Paling tidak tiga kali dalam setahun,” kata Fatikhun.

Sementara Direktur IMS, Drg Fathul Adhim mengatakan acara ini kali keduanya diselenggarakan oleh IMS. “Pada tahun 2013 kami selenggarakan di terminal Kampung Rambutan,” jelas Fathul.

Menurut Fathul, pada pelaksanaan tahun 2013 kebanyakan penyakit yang diderita para pengemudi angkutan umum adalah tingginya tensi darah.

“Mungkin  karena banyak bergadang, sewa sepi, dan macet di jalan. Juga kurang istirahat,” kata Fathul.

20150428_112007Layanan kesehatan gratis ini melingkupi pengobatan gratis, pemeriksaan lab, serta pembagian paket P3K untuk pengemudi angkutan umum. Kegiatan ini dimanfaatkan betul oleh para pengemudi, kenek dan masyarakat sekitar terminal Bekasi.

Pada kegiatan ini IMS menurunkan tiga dokter, tiga perawat, dan dua unit ambulans. (Ibnu)

Baca Juga