Usai Manasik Haji, TK Yaa Bunayya Galang Dana Palestina

tk-yaa-bunayya-manasik-haji-2SURABAYA (SALAM-ONLINE): Untuk menyemarakkan hari besar Islam, KB-TK Yaa Bunayya bekerjasama dengan Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Jawa Timur menggelar Manasik Haji. Usai Manasik Haji, siswa/i TK tersebut menggalang dana untuk Muslim Palestina.

tk-yaa-bunayya-manasik-haji-1Kepala Sekolah TK Yaa Bunayya Fifin Wahyu Wulandari menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka melatih anak-anak agar peka terhadap dunia Islam, termasuk saudara sesama Muslim yang kini sedang berjuang di Gaza, Palestina.

“Saudara kita di sana sedang mendapatkan berbagai musibah dan kita melatih anak-anak agar ada rasa kepeduliannya lewat penggalangan dana,”terangnya saat acara berlangsung di Kampus Peradaban Pondok Pesantren Hidayatullah, Surabaya, Sabtu (24/9).

Sebelum penggalangan dana berlangsung, acara ini dimeriahkan kegiatan Manasik Haji oleh siswa/i KB-TK Yaa Bunayya dan sekolah tamu undangan. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan rukun Islam yang kelima, yakni menjalankan prosesi Manasik Haji dan mengungkap kembali kisah-kisah ketauhidan agar anak-anak memahaminya.

“Kita kenalkan pula pembelajaran rukun Islam yang kelima dan prosesi mendidik anak untuk bertauhid,” ujar alumnus Universitas Negeri Malang ini.

tk-yaa-bunayya-galang-dana-palestina-1“Kita tanamkan sejauh mungkin pendidikan tauhid di usia dini. TK Yaa Bunayya adalah wadah partner orang tua dalam mendidik anak,” kata pengajar yang sudah 17 Tahun berkiprah di KB-TK Yaa Bunayya Surabaya ini.

Selain itu, tutur Fifin, demikian sapaan akrabnya, kegiatan ini juga mengundang beberapa sekolah, di antarannya TK Hang Tuah Semolowaru, TK Cahaya Ananda Sidoarjo, Yaa Bunayya 2 Kapasan dan Yaa Bunayya 3 Benowo. Peserta berjumlah 250 anak yang terdiri dari siswa/i Playgroup dan TK. Acara ini dihadiri pula oleh orang tua.

Baca Juga

“Alhamdulillah kita mengundang beberapa sekolah dalam rangka menyambung silaturahim dan memberikan pembelajaran kepada anak-anak untuk bersosialisasi dengan teman lain,”tambah Fifin.

Acara Manasik Haji yang disertai penggalangan dana untuk Muslim Palestina itu diikuti dengan penuh antusias oleh anak-anak di KB-TK Yaa Bunayya dan Sekolah undangan lainnya.

tk-yaa-bunayya-galang-dana-palestinaSenada dengan peserta Manasik Haji, tamu undangan dari sekolah lain pun menuturkan, bahwa acara ini sangat baik dan bisa disinergikan antar TK di Surabaya. Harapannya, selain membangun silaturahim para pengajar masing-masing sekolah, acara ini dapat kembali dilaksanakan.

Sementara Amil Penghimpunan BMH, Dicky Priantoro, Jawa Timur, merespon positif kegiatan ini. Menurutnya, proses penanaman tauhid dan pendidikan nilai sosial serta kepedulian anak-anak terhadap saudara-saudara seiman di Palestina perlu dibangun dan dilakukan di semua lembaga pendidikan.

“Dan BMH senantiasa siap untuk mendukung program-program sejenis,” kata pria asal Jakarta ini.

(Andre Rahmatullah, Humas BMH Jawa Timur).

Baca Juga