Pemuda dan Mahasiswa Muslim Singaraja-Bali Galang Dana untuk Bantu Korban Gempa Aceh

SINGARAJA-BALI (SALAM-ONLINE): Musibah Gempa Bumi di Kabupaten Pidie, Aceh terus mengundang keprihatinan segenap masyarakat di Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia berbondong-bondong membantu warga Kabupaten Pidie, Aceh melalui sumbangan ke lembaga kemanusiaan maupun langsung datang ke lokasi terjadinya gempa.

Pemuda dan Mahasiswa Muslim di Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali pun tak ketinggalan untuk berpartisipasi melakukan aksi penggalangan dana pada Sabtu (17/12) lalu. Pemuda dan Mahasiswa Muslim di Singaraja ini merupakan gabungan organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan, di antaranya berasal dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Singaraja, Ikatan Muhammadiyah (IMM) Singaraja dan Gerakan Mahasiswa Pembebasan Buleleng.

Para mahasiswa dan pemuda Muslim di Kota Singaraja ini melakukan aksi kemanusiaan tersebut di Lampu Merah Kampus Bawah Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Jalan Ahmad Yani dan Jalan Dewi Sartika. Aksi ini dilakukan sambil membawa kotak donasi yang diedarkan kepada para pengemudi yang melintas di seputaran Jalan Ahmad Yani dan Dewi Sartika. Meskipun aksi ini hanya diikuti oleh 31 orang, namun tak mengurangi semangat mereka untuk membantu para korban Gempa di Pidie, Aceh.

Koordinator Lapangan Kegiatan Penggalangan Dana sekaligus Ketua KAMMI Komisariat Singaraja, Arif Munandar, saat ditemui di lokasi penggalangan dana mengatakan, aksi ini mengajak masyarakat di Bali, khususnya di Kota Singaraja, untuk peduli kepada saudara-saudara kita di Kabupaten Pidie, Aceh.

“Aksi ini mengajak masyarakat untuk peduli kepada saudara-saudara kita sesama satu bangsa, tidak menganggap ras, agama dan etnis, namun atas dasar kemanusiaan,“ ungkap Arif.

Baca Juga

Arif menambahkan seluruh donasi yang terkumpul akan disalurkan melalui lembaga kemanusiaan Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC).

“Alhamdulilah, aksi yang kami lakukan selama kurang lebih dua jam dari pukul 4 sore hingga 6 petang berhasil mengumpulkan dana sejumlah Rp 4.045.800,” tutup Arif.

Herdian Armandhani (Bali)
Baca Juga