#SaveAleppo: Hari Ini Giliran Jakarta Berunjuk Rasa di Kedubes Rusia dan Iran


JAKARTA (SALAM-ONLINE): Unjuk rasa masih berlangsung di berbagai Negara untuk memprotes kebiadaban rezim Basyar Asad serta sekutunya, Rusia dan Iran bersama milisi Syiahnya di Aleppo, Suriah. Di Prancis, Jerman, Belanda, Inggris, Turki, Qatar, Kuwait dan lainnya, kemarahan berlangsung disertai desakan kepada dunia internasional agar menghentikan pembantaian terhadap warga Aleppo itu.

Hari ini, Senin (19/12) Jakarta, Indonesia, juga menggelar demo di Kedubes Rusia dan Iran. Dalam rilisnya, Gerakan Kemanusiaan (GEMA) 212 yang merupakan gabungan dari berbagai lembaga kemanusiaan, ormas Islam, organisasi pemuda dan mahasiswa, akan menggeruduk dua Kedutaan Besar itu, lantaran punya andil yang sangat besar dalam membantu serangan dan pembantaian terhadap warga sipil Suriah di Aleppo.

Luka Suriah kembali menganga lebar. Aleppo terbakar. Bom-bom rezim Basyar Asad, Rusia dan milisi Syiah dukungan Iran meratakan permukiman rakyat tak bersalah. Anak-anak terbunuh dan terkubur dalam timbunan reruntuhan.

Aksi Solidaritas untuk Aleppo di depan Kedubes Rusia ini akan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB dan dilanjutkan long march ke Kedubes Iran.

“GEMA 212 meminta kehadiran umat Islam di Kantor Kedutaan Besar Rusia Jl. HR Rasuna Said Kav X7 No. 1-2, Kuningan, Jakarta dan Kedubes Iran, Jl HOS Cokroaminoto No 110, Menteng, Jakarta, pukul 10:00 WIB s/d Selesai,” kata Koordinator Divisi Media GEMA 212, Mathori, dalam rilisnya.

“Dengan Spirit Aksi 212, Gerakan Kemanusiaan yang terdiri dari berbagai NGO kemanusiaan dan ormas Islam, pemuda dan mahasiswa ini menuntut dihentikannya pembantaian terhadap warga Suriah yang dilakukan oleh rezim Asad bersama sekutu-sekutu setianya, Rusia dan Iran dengan milisi Syiahnya,” tegas Mathori.

“Teriakkanlah pada rezim Asad dan sekutunya, bahwa Umat Islam Indonesia menentang dan akan bangkit bersama rakyat suriah,” serunya.

GEMA 212 ini melibatkan NGO/lembaga kemanusiaan, Ormas Islam, Organisasi Pemuda dan Mahasiswa, di antaranya: Aksi Cepat Tanggap (ACT), Dompet Dhuafa, Indonesian Humanitarian Relief (IHR) Foundation, Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP), Asia Pacific Community (ASPAC), Komite Indonesia untuk Solidaritas Palestina (KISPA), DPP HASMI, Wahdah Islamiyah, Forum Indonesia Peduli Syam (FIPS), Syam Organizer (SO), Spirit of Aqsa (SoA), Sabiluna, SAPA Islam, Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK), Pemuda Asia Afrika, DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), dan lainnya.

Akan hadir dan berorasi para tokoh nasional, pimpinan ormas Islam, aktivis pemuda/mahasiswa dan kemanusiaan, di antaranya Ustadz Ferry Nur (KISPA), Ustadz Dr Haikal Hasan, Ustadz Muhammad Zaitun, MA (Ketum Wahdah Islamiyah), Ustadz Abu Harits (FIPS), Ustadz Umar Makka (SoA), Ustadz Dr. M Sarbini (DPP HASMI), Ustadz Ahmad Syuhada (Sabiluna), Ustadz Felix Xiauw*, Ustadz Muh. Ismed (SAPA Islam), Ustadz Syukron Muchtar (FSLDK), Beni Pramula (Presiden Pemuda Asia-Afrika), Taufan Putra Revolusi (Ketum DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah/IMM), Kartika Nur Rahman (KAMMI), Ustadzah Nurjannah Hulwani*, Ustadz Nashirul Haq, Ustadz Ahmad Syahidin, Ustadz Ilham jaya, M. Atha (SO), Ustadz Bukhori Muslim, dan lain-lain.

Mengantisipasi kemungkinan hujan, panitia mengimbau peserta aksi agar mempersiapkan perlengkapan:  Air untuk Wudhu dan Alas untuk Shalat.

?Contact Person:
085299690266
087839447524