Daurah JITU Bandung Ingin Tingkatkan Kualitas Jurnalis Muslim

Ketua Umum JITU Muhammad Pizaro (kanan) dan Ketua Panitia Daurah JITU Bandung Hilman Indrawan dalam acara Daurah JITU Bandung, Sabtu (5/5/2018). (Foto: MNM/INA/JITU)

BANDUNG (SALAM-ONLINE): Jurnalis Islam Bersatu (JITU) Bandung, mengadakan Daurah Penerimaan anggota baru di Komplek Pesantren Daarut Tauhiid, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (5/5/2018).

Rekrutmen kali ini diikuti oleh 22 Jurnalis dari berbagi media; Elektronik, Televisi, Cetak maupun Radio.

Ketua Panitia Hilman Indrawan mengatakan bahwa Dauroh JITU bukanlah hanya sekadar rekrutmen anggota baru, melainkan upaya kaderisasi Jurnalis Muslim.

“Selain sebuah rekrutmen anggota (JITU), acara ini merupakan ikhtiar kaderisasi, kado bagi jurnalis yang masih memiliki idealisme yang mengakar,” kata Hilman kepada Islam News Agency (INA) yang diinisiasi JITU, di sela-sela Daurah JITU, Sabtu (5/5).

Sementara Ketua Umum JITU, Muhammad Pizaro menyampaikan bahwa organisasi profesi yang dipimpinnya lebih menekankan kualitas jurnalis.

Pizaro juga mengungkapkan, bisa jadi JITU tidak memiliki anggota sebanyak organisasi jurnalis lainnya. Namun hal itu bukan berarti mengecilkan JITU sendiri sebagai organisasi Jurnalis Muslim.

Baca Juga

Jurnalis Muslim yang tergabung di JITU, ujar Pizaro, sudah semestinya memiliki darah perjuangan.

Pengutamaan tujuan transendental dibanding tujuan duniawi, kata Pizaro, haruslah terpatri dalam hati setiap jurnalis yang bergabung.

“Di sini (JITU) sebagai tempat perjuangan kita, yang mengutamakan akhirat dibanding tujuan duniawi,” tegas Redaktur Kantor Berita Turki Biro Jakarta, Anadolu Agency, ini.

Pizaro juga mnegaskan bahwa pekerjaan Jurnalis adalah dakwah. Jurnalis terkadang lebih efisien dalam menyampaikan risalah dakwah karena jangkauan media massa yang masif.

“Jadi jurnalis itu dakwah, bahkan lebih kuat. Kalau dakwah itu hanya beberapa orang saja, tapi kalau kita menulis banyak yang baca, bisa ratusan ribu orang. Peran jurnalis itu mulia,” tandasnya. (MNM/INA)

Baca Juga