Gelar Tarhib Ramadhan, Komunitas Qur’an ODOJ Juga Galang Dana untuk Suriah

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Dalam rangka menyambut Ramadhan 1439 Hijriah, Komunitas ‘One Day One Juz’ (ODOJ) menggelar Tarhib Ramadhan pada Ahad (6/5/2018) di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Kegiatan yang dihadiri oleh anggota dari Komunitas ODOJ dan berbagai elemen ormas ini, adalah sebagai penyemangat umat Islam dalam memasuki bulan suci Ramadhan.

Dalam acara yang diisi dengan taushiyah oleh beberapa Ulama Ternama seperti Syaikh Khanova, Ustadz Oemar Mita dan Ustadz Subqi Al-Bughury itu, Ketua umum Komunitas ODOJ Bakat Setiaji mengatakan bahwa Tarhib ini merupakan rangkaian

kegiatan yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dan beberapa negara dibawah koordinasi One Day One Juz.

“Karena kami yakin ketika kesadaran untuk istiqomah bertilawah telah terpatri maka akan timbul kesadaran-kesadaran lain, di antaranya adalah kesadaran memperbaiki bacaan, mengetahui makna dan menambah hapalan,” kata Bakat Setiaji.

Baca Juga

Setiaji juga berharap bahwa dari kesadaran bertilawah akan timbul kesadaran sosial bagi para anggota ODOJ maupun kaum Muslimin. Oleh karenanya, ODOJ sendiri dalam kesempatan yang sama telah mengupayakan penggalangan dana bagi rakyat Suriah.

“Juga akan timbul kesadaran sosial yang salah satunya diwujudkan dalam gerakan donasi kemanusiaan Peduli Ghouta (Suriah) dalam kegiatan ini,” ungkap Setiaji.

Pengumpulan donasi yang telah dilakukan ODOJ hingga tanggal 5 Mei 2018, berhasil mengumpulan kurang lebih (jumlah sementara) Sembilan Puluh Juta Empat Ratus Enam Puluh Delapan Ribu Lima Belas Rupiah.Dana yang terkumpul itu akan disalurkan, bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan Sahabat Peduli Palestina. Untuk penyaluran rencananya akan dikirimkan dalam bentuk uang dan barang.

Selain menggalang dana untuk Suriah, ODOJ juga menggalang dana untuk wakaf Qur’an yang akan disebarkan ke beberapa daerah dan pelosok di Indonesia, khususnya di wilayah yang sangat membutuhkan Al-Qur’an. (*)

Baca Juga