Para Pemuda Makassar Akan Gelar Aksi Bela Palestina di Monumen Mandala  

Monumen Mandala Makassar

MAKASSAR (SALAM-ONLINE): Gabungan organisasi mahasiswa dan pemuda atas nama Aliansi Pemuda Peduli Palestina (APPP) juga menggelar aksi solidaritas dengan tema utama “Bebaskan Masjidil Aqsha” di Monumen Mandala, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Jumat (11/5/2018).

Di antara organisasi yang bergabung antara lain Forum Silaturahmi Dakwah Kampus (FSLDK) Sulselbar, Pimpinan Daerah Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (PD LIDMI) Makassar, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Makassar, Pemuda Bangun Masjid, Ikatan Dai Indonesia (IKADI), Forum Silaturahmi Mahasisiwa Alumni DDI-AD Mangkoso (FOSMADIM) dan berbagai lembaga kemahasiswaan dan kepemudaan se-Kota Makassar.

Menurut Koordinator Lapangan (Korlap), Robin Chandra Hidayat, aksi ini dilatarbelakangi oleh panggilan jiwa, baik sebagai sesama manusia apalagi sesama Muslim. Terlebih lagi panggilan tersebut adalah amanah konstitusi sebagaimana tertuang dalam Pembukaan UUD 1945.

Baca Juga

“Kegiatan ini mengajak kepada seluruh elemen untuk bagaimana kemudian mendukung kemerdekaan Palestina dengan orasi, puisi, do’a dan penggalangan dana untuk Palestina,” ungkap mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) ini dalam keterangan tertulisnya.Hal senada diungkapkan oleh Qois Al-Faruqi selaku Ketua LIDMI Makassar yang tergabung dalam APPP. Menurutnya, kezaliman Yahudi di tanah Palestina sudah tidak bisa didiamkan lagi. Termasuk campur tangan AS yang ditandai dengan pemindahan kedutaan besar negara itu ke Yerusalem (Al-Quds).

“Dunia Islam harus bersuara untuk menolak kezaliman tersebut. Dengan aksi simpatik ini, kami mengajak seluruh mahasiswa dan pemuda se-Makassar untuk bergabung di Monumen Mandala, Jumat (11/5). Bersama kita tunjukkan bahwa umat Islam di seluruh dunia berdiri bersama Palestina,” tegas Qois.

Aksi bakal digelar mulai pukul 13.45 hingga waktu shalat Ashar, yang diisi dengan orasi dari perwakilan organisasi mahasiswa/pemuda, pembacaan puisi, penggalangan dana dan pernyataan sikap bersama terkait tragedi ‘Great Return March’ dan Pemindahan Sepihak Kedubes AS ke Yerusalem. (*)

Baca Juga