Berkaca Kasus Khashoggi, Komisi I DPR: Kerja Jurnalis Harus Dilindungi

Dr Abdul Kharis Almasyhari

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Dugaan kolumnis harian Washington Post, Jamal Khashoggi, dibunuh di dalam gedung konsulat Arab Saudi di Istanbul telah memperkuat pembahasan mengenai kebebasan pers dan keselamatan wartawan di seluruh dunia.

Kasus tersebut telah memicu kemarahan global yang dibarengi dengan tuntutan agar kematian Khashoggi diungkap kepada publik.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi I DPR, Dr Abdul Kharis Almasyhari mengaku prihatin dengan kasus yang menimpa Khashoggi. Apalagi kasus pembunuhan itu terjadi di wilayah diplomatik dan konsuler.

Baca Juga

“Diharapkan kasus ini segera terungkap agar publik mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Kasus ini perlu diungkap dengan jelas dan terang serta disampaikan terbuka kepada media tanpa ada yang ditutupi,” katanya dalam keterangan tertulis kepada Media, Senin (22/10/2018).

Ia berharap, dengan pengungkapan kasus pembunuhan itu, pemerintah Turki dan Arab Saudi bisa menindaklanjutinya dengan langkah-langkah hukum yang berlaku di wilayah masing-masing. Selain itu, anggota DPR dari Fraksi PKS ini juga menyoroti perihal kebebasan pers. Menurutnya, kerja-kerja jurnalis harus dilindungi, termasuk keselamatan mereka.

“Semua pihak perlu untuk melindungi dan menjaga kebebasan pers dan keselamatan wartawan di seluruh dunia,” tutup Kharis. (*)

Baca Juga