ACT dan Komunitas Artis Bagikan Iftar Gratis

SALAM-ONLINE: Bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT), Gabungan Artis dan Seniman Sunda (GASS) menyediakan 500 porsi hidangan iftar (berbuka puasa) gratis di 5 warteg yang ada di Jakarta.

Salah satu warteg yang berpartisipasi pada pendistribusian tersebut adalah Warteg Kharisma Bahari di Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Selain makanan siap saji, warteg tersebut juga menyertakan satu masker untuk penerima manfaat. Pemilik warteg telah membagikan kupon kepada masyarakat dan menyasar orang yang benar-benar terdampak pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, kita bagikan untuk penerima manfaat yang di antaranya ada marbot masjid, pedagang keliling, ojek online dan orang di lingkungan sekitar yang mana mereka terkena PHK akibat pandemi Covid-19 ini,” kata Dewi, pemilik Warteg Kharisma Bahari Pasar Baru, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Makan gratis sendiri disediakan dengan kotak beserta lauk yang bebas dipilih oleh penerima manfaat.

“Setiap porsinya kita tidak baku lauknya apa, tapi insyaa Allah sesuai dengan selera dari penerima manfaat,” ujar Dewi.

Tamsari, seorang pedagang nanas di lingkungan sekitar, berterima kasih karena bisa mendapatkan bantuan dari Operasi Makan Gratis. Ia mengaku sangat senang dengan hadirnya program ini.

“Wah senang saya, orang-orang sini juga (antusias). Bahkan kemarin sebelum puasa ramai yang datang ke sini dan mengantre,” tutur Tamsari.

Melly Goeslaw yang merupakan salah satu anggota dari GASS juga sempat melakukan panggilan video dengan tim ACT yang berada di lokasi. Penyanyi yang akrab disapa dengan panggilan Teh Melly ini juga sempat berbincang-bincang langsung dengan pemilik warteg.

Baca Juga

Selain Melly, anggota GASS lainnya yang ikut dalam panggilan video tersebut antara lain Hedi Yunus dan Armand Maulana.

Sejak 19 Apri lalu, GASS mengajak publik untuk bersama membantu saudara sebangsa yang terdampak pandemi Covid-19.

“Kami ingin mengajak masyarakat untuk membantu ringankan ikhtiar mereka. Bersama Aksi Cepat Tanggap, GASS akan ikut aksi menyelamatkan saudara-saudara kita yang secara ekonomi terdampak wabah Corona. Melalui program Operasi Pangan Gratis dan Operasi Beras Gratis, kita bantu mereka dengan memberikan bantuan pangan terbaik selama masa darurat bencana wabah Corona ini,” ujar GASS dalam narasi kampanye kepedulian mereka di laman Indonesia Dermawan.

Hingga saat ini (12/5/20), donasi yang terkumpul mencapai Rp 70.375.530. GASS akan terus mengajak publik untuk bersama selamatkan bangsa, mengingat luasnya dampak pandemi hingga saat ini.

Sementara itu, hingga kini Operasi Makan Gratis telah berkolaborasi dengan ribuan warteg dan rumah makan di Jabodetabek. Target Operasi Makan Gratis meliputi pekerja informal, masyarakat prasejahtera dan buruh harian yang semakin sulit mendapatkan penghasilan saat pandemi Covid-19. Aksi terus dimasifkan melihat dampak Covid-19 yang semakin meluas secara sosial ekonomi.

Agar ikhtiar ini berjalan dengan lebih mudah dan luas, kami mengajak kamu semua untuk turut serta dalam aksi ini. Dengan kepedulianmu, kita selamatkan mereka para saudara sebangsa. Salurkan donasi Rp 10.000 sebagai buah kepedulianmu untuk bantu mereka sekarang! Bersama GASS dan Aksi Cepat Tanggap, kita selamatkan bangsa melalui www.indonesiadermawan.id []

Foto: ACT

Baca Juga