Santri Pesantren Mahasiwa Ngaji di Alam Terbuka

SALAM-ONLINE.COM: Di tengah pandemi yang masih belum berakhir, Santri Penghafal Qur’an Pesantren Mahasiswa Dai (PESMADAI) kembali menggelar ngaji on the road di Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (23/09/2020). Acara ini digelar, selain bertujuan mengisi waktu yang bermanfaat, juga untuk mentadabburi Al-Qur’an di alam terbuka.

Direktur Pesantren Mahasiswa Dai, Ahmad Muzakky mengatakan, ngaji di alam terbuka ini sebelumnya juga pernah berlangsung di Bogor dan Banten.

“Alhamdulillah, puluhan santri mengawali keberangkatan dari asrama Tangerang selatan menuju kawasan pegunungan Sukabumi,” kata Ahmad Muzakky, yang juga Ketua DPD Hidayatullah Jakarta Barat.

Zaky, demikian sapaan akrabnya menambahkan, masing-masing santri ditemani Al-Qur’an untuk mengaji dan menghafal saat berada di kawasan destinasi wisata, baik di pinggir Curug Sawer maupun di tepi danau kawasan Situ Gunung, Sukabumi.

Ketua Panitia Fatih Husaini, menjelaskan bahwa program Ngaji on the Road (bisa disingkat NGANTOR), adalah salah satu terobosan yang out of the box. Disebut demikian, karena hanya orang yang bermental kuat dan berani tampil beda yang mampu mengaji di antara kerumunan orang di tempat wisata—yang niatnya hanya jalan-jalan. Sementara itu, para santri jalan-jalannya sambil mengaji, membaca Al-Qur’an, bertafakkur dan mentadabburi kalam-Nya.

Baca Juga

“Ya, jadi seorang santri tidak harus mengaji di pesantren atau masjid, tapi perlu menunjukkan bahwasanya santri bisa juga memanfaatkan kawasan wisata untuk mengaji dan tidak sekadar jalan-jalan saja,” terang Pengasuh PESMADAI ini.

(Mas Andre Hariyanto)

awefawef100924