Ribuan Masjid Akan Bergabung dalam Aksi Bela Palestina Secara Virtual

Koalisi Bebaskan Baitul Maqdis (KIBBM), Jumat (28/5/2021) mengajak segenap elemen bangsa Indonesia untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina dalam Aksi Munasharah dan Merawat Kemenangan: Dari Masjid Indonesia untuk Masjid Al-Aqsha, Al-Quds dan Palestina Merdeka, Ahad (30/5) ba’da Subuh. (Foto: salam)

SALAM-ONLINE.COM: Koalisi Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis (KIBBM) mengajak seluruh elemen bangsa Indonesia untuk bersama-sama menunjukkan dukungannya terhadap perjuangan rakyat Palestina dalam acara Aksi Munasharah dan Merawat Kemenangan: Dari Masjid Indonesia untuk Masjidil Aqsha, Al-Quds dan Palestina Merdeka.

Dalam konferensi pers di AQL Islamic Center, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (28/5/2021), Ketua KIBBM Ustadz Bachtiar Nasir (UBN) mengatakan, acara Munasharah yang insyaa Allah diikuti ribuan Masjid dari Sabang sampai Merauke ini akan digelar secara virtual pada Ahad 30 Mei 2021 pukul 06.00-10.00 WIB (ba’da Subuh waktu Jakarta sampai dengan Subuh di Masjid Al-Aqsha).

Menurut UBN, selain diinisiasi oleh KIBBM dengan semua lembaga dan organisasi yang tergabung di dalamnya, kegiatan ini juga didukung penuh oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Sahabat Al-Aqsha, Majelis Intelektual & Ulama Muda Indonesia (MIUMI), Persatuan Islam (PERSIS), AQL Islamic Center, Wahdah Islamiyah, IKADI, Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, Koalisi Perempuan Indonesia untuk Al-Quds dan Palestina, dan lembaga serta komunitas-komunitas lainnya.

Hingga Jumat (28/5), menurut panitia penyelenggara, sekitar 500 Masjid di berbagai pelosok daerah di Indonesia telah menyatakan bergabung dalam kegiatan ini.

“Kami mengajak seluruh Masjid yang ada di seluruh pelosok tanah air bisa mengikuti acara ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan karena kita masih menghadapi pandemic Covid-19,” kata UBN.

Pentingnya acara ini, lanjutnya, adalah untuk menunjukkan betapa besarnya dukungan bangsa Indonesia terhadap pembebasan kiblat pertama, salah satu masjid suci kita dan tujuan Isra’-nya Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, yaitu Masjid Al-Aqsha, kepada saudara-saudara kita di sana (Palestina).

“Sehingga mereka (saudara-saudara kita di Palestina) yakin bahwa ada umat Islam Indonesia yang akan selalu mendukung mereka, dan juga untuk menunjukkan kepada musuh-musuh Allah, zionis yahudi, bahwa bangsa Palestina tidak pernah ditinggalkan sendirian melawan mereka,” terang UBN.

Baca Juga

Kepada seluruh Majelis Ta’lim, komunitas-komunitas dan perkumpulan-perkumpulan, KIBBM mengharapkan agar mengikuti acara ini untuk menujukkan betapa bulatnya dukungan Indonesia terhadap Masjid Al-Aqsha dan tanah sekelilingnya yang diberkahi Allah Ta’ala.

Teknis pelaksanaan kegiatan bersama ini adalah dengan cara telekonferen melalui aplikasi zoom atau webinar yang tentunya memerlukan jaringan internet, kamera dan layar sehingga bisa saling berinteraksi dan saling menyapa antar masjid/komunitas se-indonesia.

“Namun, jika tidak memungkinkan untuk bergabung secara virtual, maka tetap bisa mengikuti melaui streaming dari channel lembaga-lembaga yang mendukung program dan kegiatan Indonesia Bela Al-Quds ini,” demikian KIBBM dalam rilisnya.

Bagi Masjid dan komunitas yang ingin bergabung dalam acara Munasharah ini secara virtual dapat mendaftar langsung ke link http://s.id/belaalquds

Tuntutan dan rekomendasi yang ingin disampaikan dari Aksi Indonesia Bela Al-Quds ini adalah:

  1. Mengecam dan mengutuk apa yang dilakukan oleh penjajah zionis yang menistakan Masjid Al-Aqsha, melakukan aneksasi terhadap wilayah-wilayah Palestina di Al-Quds dan membombardir Gaza, sebuah kejahatan perangyang seharusnya dijatuhi hukuman berat.
  2. Mengecam pihak-pihak yang terus mendukung secara membabi buta kejahatan kemanusiaan, perilaku Apartheid, genosida dan penjajahan yang dilakukan penjajah zionis tersebut.
  3. Mendukung penuh perjuangan rakyat Palestina untuk mendapatkan kemerdekaan bangsa Palestina dengan Al-Quds sebagai ibu kotanya.
  4. Mendukung kebijakan pemerintah Indonesia yang terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina dan hak-hak rakyat Palestina.
  5. Memberikan edukasi dan kesadaran kepada bangsa Indonesia akan pentingnya pembelaan terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina dan pembebasan Masjid Al-Aqsha, karena, itulah amanah konstitusi negara dan pendiri negara kita bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. (S)
Baca Juga
awefawef103599