Tutup Akhir Semester Ganjil, STAIL Gelar Haflatu Takrim Penyerahan Sanad Al-Qur’an

SALAM-ONLINE.COM: Menutup semester ganjil tahun ajaran 2021-2022, Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman Al-Hakim (STAIL), Surabaya, menyelenggarakan acara Haflatu Al-Takrim: penyerahan Sanad Tahfidz Al-Qur’an 30 juz.

Adalah Tsabit Amin Fuadi, mahasiswa STAIL program Takhasus Bersanad, yang telah mampu menyetorkan hafalan 30 juz bersanad, dengan qiroah Imam ‘Asim dengan dua riwayatnya Hafs dan Syu’bah serta Imam Nafi’ Al-Madani dengan dua riwayatnya Qalun dan Warsy

Selain Tsabit, ada juga M Haris Al-Anshori. Mahasiswa asal Mojokerto, yang juga mengambil program serupa ini telah selesai mengkhatamkan setoran hafalan Al-Qur’an 30 juz.

Ketua STAIL, Ustadz Dr Mashud, M.Si mengungkapkan kebahagiaannya terhadap penyelenggaraan acara, yang dinilainya sangat penting lagi bersejarah itu.

“Mudah-mudahan ini menjadi start point bagi STAIL, untuk lebih baik lagi ke depannya. Dalam semua program. Ini adalah salah satu program unggulan dari STAIL,” paparnya.

Sementara itu, Ustadz Syamsuddin, SE, MM, selaku Ketua Badan Pengurus Yayasan Hidayatullah, Surabaya, turut menegaskan akan spesialisasi program kuliah Tahfidz bersanad ini.

Baca Juga

Program tahfidz bersanad ini, ujar Ustadz Syamsuddin, didesain secara khusus. Bahkan pengajarnya pun kualifikasinya jelas, bersanad, dengan harapan akan lahir para hafidz dan hafidzah berkualitas dan memiliki jiwa juang yang kuat.

“Animo masyarakat terhadap rumah Al-Qur’an yang diinisiasi oleh Hidayatullah, sangat tinggi. Ini membutuhkan murobbi/murobbiyah. Siapa yang akan mengisi kalau bukan para generasi muda,” kata Ustadz Syamsuddin.

Selain pengukuhan dan penyerahan sanad, acara juga diisi taujih oleh Ketua Pembina Hidayatullah, Surabaya, Ustadz. Abdurrahman, SE.

Dalam taushiyahnya, Ustadz Abdurrahman mengingatkan hadirin untuk lebih menyeriusi dalam mempelajari Al-Qur’an. Tidak hanya sebagai bacaan, tapi juga panduan dan inspirasi hidup.

Turut hadir dalam acara yang diadakan di Masjid Aqshol Madinah itu, selain unsur pembina, pengawas, pengurus yayasan dan pengelola STAIL, juga nampak Al-Syaikh Mahdi Al-Yamani, pembina utama program Tahfidz Bersanad, seluruh Kepala Unit TK-SMA, Mudir Ma’had Darul Hijrah, Muslimat Hidayatullah Jawa Timur, serta mahasiswa dan mahasiswi program tahfidz. (RS)

Baca Juga