Lumbung Air Wakaf Warga Bantul Pasok Kebutuhan Ribuan Rakyat Gaza

Lumbung Air Wakaf merupakan sebuah pabrik air minum dukungan masyarakat Bantul yang diikhtiarkan meredam krisis air berkepanjangan di Gaza, Palestina.

Armada water tank

SALAM-ONLINE.COM: Lumbung Air Wakaf (LAW) telah resmi beroperasi sejak akhir Desember 2021. LAW merupakan sebuah pabrik air minum dukungan masyarakat Indonesia yang diikhtiarkan dapat meredam krisis air berkepanjangan di Gaza. Sejak beroperasi, LAW telah memproduksi jutaan liter air bersih.

Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Respons Aksi Cepat Tanggap (GHR-ACT) menerangkan, air yang bersumber dari LAW telah melalui beberapa kali penyaringan sehingga air yang dihasilkan menjadi layak untuk dikonsumsi.

Pada Februari ini, LAW menjadi sumber pasokan air bagi armada Humanity Water Tank Aksi Cepat Tanggap yang beroperasi di Gaza. Total 1,7 juta liter air diisi untuk tiap armada pada satu bulan terakhir.

“Humanity Water Tank pada Februari ini berkeliling di wilayah Jabalia dan Al Nusairat di Gaza Utara. Membagikan air bersih untuk lebih dari 10 ribu warga Palestina,” ujar Firdaus, Kamis (17/2/2022).

Firdaus mengajak Sahabat Dermawan di Indonesia untuk bisa ikut berpartisipasi dalam membantu warga Palestina menghadapi krisis air. Masyarakat Gaza hingga saat ini masih kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Baca Juga

Berdasarkan data yang dihimpun GHR-ACT, hanya 30 persen dari keseluruhan populasi Gaza yang dapat menikmati air bersih dengan jumlah yang layak setiap harinya.

Krisis air di Gaza disebabkan banyak faktor. Namun sebagian besar penyebabnya adalah blokade dan serangan yang dilakukan Zionis penjajah. Banyak fasilitas air yang rusak selama penjajah itu menggencarkan agresi ke Gaza.

Jazaakumullaah kepada masyarakat bantul yang sudah menyisihkan sedekahnya untuk membantu saudara kita di Gaza, Palestina. Yuk sisihkan hartamu untuk membantu penyediaan Humanity Water Tank di Gaza melalui tautan:

https://bantul.indonesiadermawan.id/WakafWaterTruckPalestina

Muhammad Irsyad-ACT Bantul

Baca Juga