Masyarakat Patani Thailand Selatan Mengadakan Acara ‘Perhimpunan Melayu Raya 2022’

SALAM-ONLINE.COM: Ribuan masyarakat Patani (Selatan Thailand) yang terdiri dari para pemuda mengadakan acara “Perhimpunan Melayu Raya 2022” dengan tema “Pemuda Harapan Kedamaian”. Acara ini diadakan di kawasan pantai Teluban Daerah Saiburi Wilayah Patani pada Rabu (04/05/2022) lalu.

Para pemuda yang hadir dan ikut bergabung dalam acara ini terdiri dari berbagai persatuan pemuda. Setiap perkampungan masing-masing meliputi wilayah Patani, Yala, Narathiwat dan Songkhla.

Kehadiran mereka sungguh menggembirakan dan bersemangat ceria, menggunakan “Pakaian Kebudayaan Melayu” yang dihiasi dengan berbagai warna.

Acara ini dimulai dengan kata sambutan dari wakil tempatan, Ketua Civil Society Assembly For Peace (CAP), wakil daerah, wakil wilayah, dilanjutkan dengan kegiatan umum, nyayian lagu, foto bersama, shalat berjamaah dan bersurai.

Kedamaian merupakan harapan bagi masyarakat Patani untuk hidup aman, damai dan sejahtera. Maka dari itu lahirlah “Pemuda Harapan Kedamaian”.

Baca Juga

Karena itu, kita semua harus mengetahui dan mempelajari akan sejarah silam, bahwa dahulu Patani merupakan sebuah negara yang bernah merdeka dan berdaulat. Tetapi telah dijajah sejak 1785 hingga sekarang.

Sebelumnya, para pemuda berkumpul di setiap daerah atau wilayah masin-masing di waktu pagi dan siang. Mereka bergerak menuju lokasi Perhimpunan Melayu Raya 2022. []

Keterangan Foto: Masyarakat Patani berkumpul di acara Perhimpunan Melayu Raya, pantai Teluban Daerah Saiburi Wilayah Patani.

Baca Juga
awefawef107853