Korban Meninggal Gempa Turki di Suriah Meningkat Jadi 783 Orang

SALAM-ONLINE.COM: Korban meninggal gempa Turki di Suriah meningkat menjadi 783 orang. Sementara ratusan lainnya terluka di negara yang bertetangga dengan Turki tersebut setelah serangkaian gempa kuat yang berpusat di Türki tenggara mengguncang wilayah yang lebih luas pada Senin (6/2/2023) pagi, demikian angka yang dihimpun oleh Kementerian Kesehatan rezim Basyar Asad dan Pertahanan Sipil Suriah.

Kantor berita milik rezim Basyar Asad, SANA, mengutip Kementerian Kesehatan melaporkan setidaknya 403 orang tewas dan 1.284 lainnya terluka. Sementara Pertahanan Sipil Suriah mengatakan 380 orang tewas dan lebih dari 1.000 lainnya terluka di daerah-daerah di bawah kendali oposisi di barat laut Suriah.

Getaran kuat melanda wilayah Idlib, Aleppo, Hama, Latakia dan Raqqa di Suriah, menurut kantor berita tersebut.

Pertahanan Sipil Suriah mengatakan jumlah korban tewas kemungkinan akan bertambah karena ratusan keluarga masih terjebak di bawah puing-puing bangunan yang runtuh.

Baca Juga

Puluhan bangunan juga hancur atau rusak di daerah yang dikuasai oposisi di Suriah utara, tempat tim penyelamat mencari korban selamat.

Di berbagai wilayah di Suriah utara, setidaknya 58 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka, demikian informasi yang dikumpulkan Kantor Berita Anadolu dari beberapa sumber lokal, termasuk Jaringan Hak Asasi Manusia Suriah dan rumah sakit. (mus)

Baca Juga