Manfaat Wudhu bagi Kecantikan Alami Wajah Wanita

SALAM-ONLINE: Ada manfaat wudhu bagi kecantikan dan akan sangat menggiurkan ketika para wanita mengetahuinya. Namun, ketika berwudhu yang menjadi poin utama bukanlah untuk memperoleh kecantikan fisik. Yang utama adalah tujuannya ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala semata. Segala kebaikan bernilai dari sana.

Dalam Islam, wudhu merupakan cara membersihkan diri dari hadas kecil. Sementara hadas besar dapat dibersihkan dengan mandi wajib. Orang yang membiasakan wudhu pada saat hadas maupun tidak sama dengan menghidrasi kulit secara baik. Pasalnya jika jarang mencuci wajah, kulit terasa kering.

Aktivitas berwudhu tidak hanya dilakukan sebelum melakukan ibadah sunnah, namun berbagai hal lainnya. Hal-hal seperti pengendalian amarah, membaca AlQur’an, akan melakukan perjalanan bisa menjadi alasan orang menunaikan wudhu. Sebab banyak manfaat wudhu untuk diri Anda.

Salah satu manfaat yang nyata adalah manfaat wudhu bagi kecantikan wajah dan hati. Yang jelas nampak yang terlihat oleh mata pada area wajah. Pernahkah Anda setelah berwudhu merasa segar sekali? Hal itu tidak lain karena kesehatan jantung dan kulit secara otomatis terjaga dengan baik.

Sebuah fakta mengejutkan mengungkap bahwa saraf pusat terletak pada tangan, dahi dan kaki. Ketiga anggota tubuh ini akan langsung menjadi perantara sangat baik saat air wudhu dibasuh kepadanya. Bukan sembarangan, ternyata khasiat wudhu memang amat baik bagi kesehatan dan kecantikan wajah.

Wudhu untuk Menjaga Wajah

Atas izin Allah Subhanahu wa Ta’ala manfaat wudhu bagi kecantikan wajah kaum hawa dapat dirasakan semua orang. Rasanya bukan mitos jika air wudhu mempercantik wajah, sebab berbagai hal yang bisa Anda peroleh adalah:

1.Bebas jerawat

Penyebab datangnya jerawat adalah debu dan kotoran. Berwudhu sama dengan Anda mengempas debu serta kotoran dari wajah yang menjadi penyebab jerawat. Bukan hanya jerawat yang terempas bebas, kulit bersih dan sehat juga dapat diraih melalui kegiatan berwudhu sekurang-kurangnya 5 kali sehari.

2. Lembab

Jika berjerawat merupakan masalah nomor satu kulit berminyak, maka sebaliknya dengan kulit kering yang menyebabkan tampilan wajah sangat kusam. Kulit butuh asupan nutrisi yang terdapat pada air guna melembabkan dan mengenyalkan wajah. Salah satu manfaat wudhu bagi kecantikan adalah melembabkan.

Baca Juga

3. Awet Muda

Dengan wajah yang mulus dan lembab, Anda menjaga kulit dari penuaan dini. Bahkan ketika tanda-tanda penuaan di usia lanjut sudah mulai nampak, hal itu bisa ditekan dengan adanya kegiatan berwudhu. Usia yang bertambah adalah takdir, sementara penampilan yang renta bukanlah hal yang tidak bisa dimanipulasi.

Wudhu dan Corona

Berwudhu sedari dulu sudah Anda lakukan sebagai salah satu syarat menjalankan ibadah shalat dan lainnya. Wudhu dan mandi adalah perintah Allah untuk menjaga amanah tubuh yang dititipkan oleh-Nya. Kiranya Anda lebih aware tentang kebersihan diri, terutama di tengah wabah Corona seperti ini.

Imbauan untuk tidak menyentuh wajah sudah digaungkan sedari lama. Sebab, di wajah bersarang banyak kuman yang menjadi sebab penyakit. Dengan berwudhu, Anda rutin membersihkan segala kotoran dan debu dari area wajah selama seharian penuh.

Adanya manfaat wudhu bagi kecantikan menjadi bonus tambahan yang tidak mungkin ditolak kaum wanita. Bukan hanya cantik, namun poin utamanya adalah menjaga kesehatan kulit wajah dan diri di tengah ancaman wabah Corona seperti sekarang ini. Sebab menunggu obat Corona tak kunjung ada.

Islam memperhatikan umatnya hingga dengan aturan membersihkan diri melalui wudhu saja dapat memberikan banyak manfaat penting untuk tubuh. Tidak hanya memperoleh manfaat secara fisik, namun dengan berwudhu maka Anda menjaga keimanan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala yang mempengaruhi batin.

Jika iman terus menerus dijaga dan diasah maka aura yang terpancar akan sangat indah dipandang orang. Bukan hanya wajah yang glowing, namun hati yang sungguh tenang juga bisa didapatkan. Berwudhu di siang hari bisa menyegarkan wajah di tengah teriknya sinar matahari yang membuat tenggorokan kering.

Apa yang akan Anda lakukan setelah mengetahui banyak manfaat wudhu untuk kecantikan di atas? Mendengar kata cantik, telinga kaum wanita langsung berfungsi dengan tajam. Untuk itu demi mendapatkan manfaat wudhu bagi kecantikan luar dalam, Anda wajib melaksanakannya dengan tepat.

Penulis: Dr. Zuhdy, dokter medis di salah satu puskesmas di Sumatera Utara. Selain aktif mengabdi, juga senang berbagi informasi kesehatan melalui DrZuhdy.com dan PenyakitJantung.id

awefawef100354