Hibah Dana APBD 1 Triliun Tidak Boleh Didasarkan Cinta

Catatan M Rizal Fadillah*

Ridwan Kamil dan Mendag Zulkifli Hasan saat peresmian Masjid Al Jabbar di Bandung

SALAM-ONLINE.COM: Gubernur Ridwan Kamil menjelaskan bahwa benar berdasarkan data ia telah menggelontorkan dana 1 Triliun kepada NU Jawa Barat. Menurutnya itu didasarkan pada kecintaan.

“Itulah kecintaan saya kepada kaum Nahdliyin, sebanyak itulah, sebesar itulah kecintaan saya kepada kaum Nahdliyin. Hanya karena butuh penjelasan ya tinggal dijelaskan,” ungkapnya.

Masalah Gubernur jatuh cinta kepada siapapun tentu boleh-boleh saja. Tetapi persoalan kebangsaan dan kemasyarakatan yang berkaitan dengan dana APBD sebenarnya tidak boleh didasarkan pada rasa cinta atau benci.

Alokasi dana APBD Jawa Barat haruslah berdasarkan proporsi rasional dengan akuntabilitas yang bisa dipertanggungjawabkan kepada masyarakat Jawa Barat. Dasarnya adalah hak dan keadilan. Bukan suka dan tidak suka. Baik untuk sasaran maupun besaran.

Mengapresiasi Gubernur Ridwan Kamil yang siap untuk mengklarifikasi penggelontoran dana hibah APBD kepada NU karena itulah yang diharapkan dan ditunggu publik. 1 (satu) Triliun selama 4 tahun, sehingga rata-rata 250 miliar per tahun untuk satu organisasi adalah jumlah yang sangat besar. Oleh karenanya klarifikasi menjadi sangat penting.

Persoalannya adalah melalui media apa atau mekanisme bagaimana klarifikasi itu akan dilakukan. Apakah Gubernur atau Pemprov Jabar sendiri yang berinisiatif membuat press release atau harus melalui penggunakan hak meminta keterangan DPRD? Atau secara khusus Ridwan Kamil menjelaskan kepada NU, lalu nantinya PWNU menjelaskan kepada rakyat Jawa Barat?

Baca Juga

Publik berharap agar masalah dana hibah 1 Triliun ini tidak begitu saja menguap tanpa kejelasan. Satu informasi penting dari Gubernur Ridwan Kamil adalah bahwa pengungkapan di depan peserta Mukerwil PWNU di Ponpes Muhajirin Purwakarta itu berbasis data. Nah apakah NU mengakui menerima sejumlah itu? Hingga kini sikap PWNU masih menolak dan dalam posisi minta klarifikasi.

Terbuaikah NU bahwa pengalokasian sebesar itu disebabkan atas kecintaan Ridwan Kamil pada kaum Nahdliyin? Jika sebaliknya bahwa justru itu menghinakan, maka langkah tindakan lanjut apa yang akan dilakukan. Pernyataan cinta yang diterima atau cinta bertepuk sebelah tangan?

Teringat quote Ridwan Kamil bahwa dunia itu berat, makanya butuh cinta untuk meringankannya. Adakah untuk meredam kejengkelan NU, sebagaimana yang pernah diungkap oleh Wakil Ketua PWNU “telah merusak nama baik NU dan mempermalukan keluarga besar NU Jabar” perlu digunakan bahasa cinta?

Bahasa cinta juga digunakan oleh Zulkifli Hasan Ketum PAN dan Mendag yang berharap dan berdoa Ridwan Kamil naik jabatan.

“Saya juga tak salah telah jatuh cinta kepada Gubernur Jabar atas karya-karyanya,” kata Zulhas saat peresmian Masjid Al Jabbar di Bandung oleh Ridwan Kamil, Jumat (30/12/2022). Masjid megah yang pada malam hari dibuat bersinar dengan cahaya warna warni.

Rakyat Jawa Barat butuh ketegasan dan informasi mengenai dana APBD 1 Triliun itu. Moga penjelasannya tidak berwarna warni atau kesana kesini. Ini bukan masalah seni, tetapi klarifikasi penggunaan dana rakyat. Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat, bukan seniman atau “anak gaul” yang dengan outfit bernuansa cokelat berlenggak lenggok di Citayam Fashion Week.

*) Pemerhati Politik dan Kebangsaan

Baca Juga