Jelang Idul Adha, Kapal Bantuan Kedua Turki untuk Warga Gaza Berlabuh di Ashdod

Turki-Gaza-kapal bantuan keduaASHDOD (SALAM-ONLINE): Jelang Idul Adha, kapal bantuan kemanusiaan kedua dari Turki untuk Gaza telah berlabuh di Ashdod, Senin (5/9). Kapal pembawa bantuan itu diterima oleh Kuasa Usaha Turki di wilayah jajahan di Tel Aviv, Cem Utkan, bersama petinggi dari sejumlah asosiasi amal Turki.

Dilansir kantor berita Anadolu, Senin (5/9), kapal yang berangkat ke wilayah pendudukan “Israel” pada Jum’at (2/9) dari Mersin membawa sekitar 2.500 ton bantuan kemanusiaan. Ini merupakan kali kedua bantuan Turki tiba di pelabuhan Ashdod, setelah Juli lalu mengirim kapal Lady Leyla, yang membawa bantuan untuk warga Palestina di Jalur Gaza.

Pengiriman bantuan yang tiba di Ashdod, termasuk bahan makanan dan pakaian, 1.000 sepeda bagi anak-anak dan 100 kursi roda untuk disabilitas. Setelah tiba di Ashdod, bantuan akan dibawa menggunakan truk ke Jalur Gaza. Bantuan itu diharapkan tiba sebelum Idul Adha yang kemungkinan jatuh pada 12 September mendatang.

Masuknya bantuan Turki ke Gaza merupakan buah kesepakatan yang ditandatangani pada musim panas antara Turki dan penjajah “Israel”, demi memulihkan hubungan diplomatik yang sempat absen selama enam tahun.

Baca Juga

Menurut pejabat Turki, “Israel” telah memenuhi seluruh prasyarat Ankara untuk menormalisasi hubungan diplomatik kedua negara.

Hubungan diplomatik Turki dan “Israel” terputus pada 2010, setelah pasukan komando penjajah itu menyerbu kapal bantuan Turki untuk Gaza. Serangan itu mengakibatkan sembilan aktivis Turki meninggal dunia, 30 orang terluka dan satu di antaranya akhirnya tak bisa bertahan. (EZ/salam-online)

Sumber: Anadolu

Baca Juga